Blog

Posted in kesehatan

Bahayanya Jika Merokok Di Ruangan AC

Disetiap ruangan ber-AC selalu terdapat larangan untuk merokok dan merokok dapat meningkatkan polusi udara, ini dia Bahayanya Jika Merokok Di Ruangan AC

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri, kami juga melayani pelanggan dengan sistem “Barang Sampai Baru Bayar“.

Bahayanya Jika Merokok Di Ruangan AC

Bahayanya Jika Merokok Di Ruangan AC — Semua orang tentunya sudah paham bahwa rokok memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Bahkan di setiap kemsan rokok juga sudah tertera peringatan serta ilustrasi mengani bahaya merokok untuk jangka panjang.

Namun, semua itu seakan hanya angin lalu bagi para penikmat rokok. Pemerintah pun juga sudah menetapkan aturan mengani larangan merokok di area public, tetapi masih saja banyak yang melanggar. Rokok tidak hanya berdampak bagi si perokok itu sendiri, tetapi juga untuk prokok pasif yang kebetulan ada di sekitar perokok.

Merokok itu sendiri sudah tidak baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika merokok dilakukan pada ruangan ber-AC yang biasanya tertutup. Sebabnya, kandungan asap rokok berasal dari pembakaran yang tidak sempurna sehingga mengandung setidaknya 4000 komponen zat berbahaya.

bahaya merokok di ruangan ber-AC

  • Bahaya tar dapat merusak jaringan otak

Terutama pada balita dan anak anak yang masih dalam tahap masa pertumbuhan, kandungan Tar cepat terakumulasi diruangan satu arah tanpa ventilasi dan akan berbalik terhirup kembali dengan volume yang lebih besar dirongga mulut dan hidung secara bertahap. Tar otak tanpa disadari. bagi anak anak perkembangan kecerdasannya akan terhambat dan bisa mengganggu keterampilan motoriknya dimasa depan.

  • Dapat merusak jaringam mata

Asap rokok yang mengepul diruangan berAC dapat masuk kedalam jaringan mata dan menginfeksi serta mengganggu kinerja dari kornea dan retina tanpa disadari. asap rokok yang sering terhirup diruanagan berac dapat menjadi sebuah polusi udara yang berbahaya karena mampu menurunkan ketajaman dalam penglihatan, hal ini disebabkan tar, timbal dan nikotin yang ada pada rokok dapat menjadi salah satu penyebab kelopak mata gatal dan bengkak

  • Dapat merusak arteri jantung

Kepulan asap rokok akan terakumulasi menjadi racun ketika berada terlalu lama diruangan AC. asap tersebut akan memasuki rongga hidung lalu ke arah arteri jantung dan mengotori jaringan jantung termasuk katup jantung yang biasanya dapat menjadi salah satu faktor penyebab rusaknya arteri jantung. seseorang awalnya akan mengalami sesak nafas, dada nyeri, jantung berdebar debar dan tubuh menjadi cepat lelah, kondisi ini seperti ciri ciri jantung lemah

  • Bahaya asap rokok bagi kesehatan paru paru

Jika terlalu lama berada padaa ruangan berAC yang penuh dengan asap rokok bagi seseorang yang dulu pernah sembuh dari paru paru termasuk TBC dan asma, maka kemungkinan  besar penyakit tersebut akan kambuh kembali. tar dan nikotin padaa rokok dapat cepat masuk lewat rongga mulut dan hidung dan menjalar merusak jaringan paru paru yang awalnya akan dipenuhi asap rokok sebelum kemudian merasakan dada terasa sesak, bagian dada sangat nyeri dan kesulitan bernafas.

  • Bahaya rokok dapat mencemari sistem pernafasan

Asap rokok yang menyebar pada ruangan tertutup dan berAC sangat berbahaya bagi kelancaran aliran darah disekitar dada dan asap rokok mampu memblokir asupan oksigen didalam pembuluh darah yang nantinya bisa menyebabkan keracunan pada tubuh. sudah jelas bahwa rokok bagi kesehatan alat pernafasan dapat melukai dinding saluran pernafasan, kondisi ini menyebabkan seseorang kesulitan untuk bernafas dan dadanya sangat nyeri.

  • bahaya rokok bagi kekebalaan tubuh

Tar dan nikotin yang telah masuk dalam aliran darah dan jaringan tubuh lain maka sudah dipastikan sangat berbahaya bagi kondisi kekebalan tubuh seseorang. Untuk itu  kita perlu belajar bagaimana cara meningkatkan antibodi tubuh agar tidak mudah jatuh sakit ketika sedang berada pada lingkungan orang orang yang merokok termasuk merokok diruangan AC.

  • bahaya rokok bagi ibu hamil

Ibu yang sedang hamil diwajibkan untuk menjauhi asap rokok terlebih pada ruangan berAC.  asap yang menggumpal didalam ruangan tertutup mampu merusak jaringan organ tubuh janin yang sedang akan terbentuk, nikotin pada rokok dapat membuat ketidak normalan darah pada tubuh bayi yang menjadi salah satu penyebab bayi  lahir cacat atau menjadi penyebab keguguran pada ibu yang hamil muda. sudah tak bisa disangkal lagi bahwa bahaya rokok bagi ibu hmil sangat mempengaruhi perkembangan janin .

  • Bahaya rokok bagi anak

Kepulan asap yang menyebar didalam ruangan berAC dapat mengganggu pertumbuhan tubuh anak anak, dimana perkembangan tubuhnya bisa terhambat karena terserang penyakit pernafasan termasuk kambuhnya asma, sesak nafas, tidak dapat berfikir dengan baik. Membiarkan anak aanak berinteraksi dengan orang orang yang notabenya kecanduan merokok termasuk merokok didalam ruangan berAC bisa menyebabkan anak anak merokok sudah sangat jelas dapat mengancam kesehatan mereka dan jika dibiarkan saja mereka tak mendapat pemahaman yang benar tentang bahaya rokok bagi kesehatan, maka hal ini akan memberi contoh buruk pada mereka dimana mereka akan secara diam diam ingin mencoba untuk merokok juga.

Itulah beberapa Bahayanya Jika Merokok Di Ruangan AC dan menjadi alasan dilarangnya merokok di ruangan ber-AC. Semoga dapat menambah wawasan anda semua. Terima kasih telah berkunjung.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahcacingan.wordpress.com untuk mengetahi informasi mengani kesehatan lainnya.

Bahayanya Jika Merokok Di Ruangan AC

Posted in kesehatan

Kesalahan Saat Olahraga Lari Yang Menyebabkan Cedera

Pernahkah anda mengalami cedera pada saat berlari? Ini adalah kesalahan umum yang harus anda hindari sebagai seorang pelari, sehingga anda dapat mendapatkan manfaat yang maksimal saat berlari. Inilah Kesalahan Saat Olahraga Lari Yang Menyebabkan Cedera

Selamat datang kembali di salah satu website Alfian Herbal yaitu agen resmi Green World yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami melayani dengan sistem “Kirim Barang Dahulu, Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran“.

Kesalahan Saat Olahraga Lari Yang Menyebabkan Cedera

jogging

Kesalahan Saat Olahraga Lari Yang Menyebabkan Cedera – Lari merupakan olahraga yang digemari oleh semua kalangan. Selain mudah untuk dilakukan, lari atau jogging juga banyak memberi manfaat kesehatan pada tubuh kita. Banyak orang melakukan olahraga lari untuk menambah energi, menjaga kesehatan atau sebagai program menurunkan berat badan. Rutin berlari sesuai jadwal yang telah Anda tentukan memang baik untuk kebugaran. Namun, kesalahan minor yang dilakukan saat berlari atau jogging dapat mengurangi manfaat pada kesehatan, bahkan dapat menimbulkan masalah baru bagi tubuh kita, seperti lecet, nyeri kaki, cedera otot, kulit terbakar, dan lebam.

Berikut Kesalahan Saat Olahraga Lari Yang Menyebabkan Cedera

  • Memakai sepatu yang salah

Memakai sepatu yang sudah tua atau sepatu yang berbeda jenis dengan sepatu lari akan menyebabkan cedera pada kaki, terutama pada bagian engkel.

  • Terlalu jauh dan terlalu cepat

Banyak pelari, terutama pelari awam yang terlalu bersemangat dalam berlari, lari terlalu jauh dan dengan tempo yang terlalu cepat. Berpikir bahwa lebih jauh itu lebih baik merupakan kesalahan yang fatal, karena hal tersebut dapat menyebabkan sakit pada jaringan lunak belakang tulang/shin splints (biasanya terjadi di bawah lutut/tulang kering), cedera lutut, dan meradangnya ligamen pada bagian paha (ITB syndrome).

  • Melangkah terlalu jauh

Banyak pelari yang berpikir bahwa melangkah lebih jauh akan memperbaiki kecepatan dan menambah efisiensi saat berlari. Melangkah terlalu jauh dapat menguras tenaga dan juga dapat menyebabkan shin splints karena tumit akan mendarat terlebih dahulu.

  • Posisi tangan

Beberapa pelari mengayunkan tangannya ke samping yang membuat mereka lebih membungkuk dan tidak bernapas dengan efektif. Ketika lelah, menaruh kedua tangan di dada juga akan membuat bahu dan leher menegang.

  • Kurang minum

Banyak yang menyepelekan banyaknya cairan tubuh yang keluar saat berlari dan tidak mengatasinya dengan cukup minum. Akibatnya, mereka akan mengalami dehidrasi yang dapat berakibat pada performa dan kesehatan.

  • Salah berpakaian

Beberapa pelari memakai baju yang salah, terlalu tebal atau terlalu terbuka, dan tidak cocok untuk kondisi cuaca saat itu. Hal tersebut akan menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas dan dingin.

  • Tidak makan dengan benar

Banyak pelari yang menyepelekan pentingnya nutrisi untuk performa dalam berlari dan juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apa yang makan sebelum lari dan setelah berlari memiliki efek yang besar terhadap performa dan pemulihan Anda.

  • Berlari di trek yang sama

Berlari di trek yang sama terus-menerus membuat tubuh under-worked out. Bukan hanya menyebabkan tubuh terbiasa dengan daerah tersebut, namun hal ini juga membuat Anda mudah bosan dan bisa-bisa berakibat kehilangan motivasi untuk melanjutkan rutinitas lari.

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan oleh pemula adalah dengan menggunakan sepatu yang kadang tidak cocok untuk berlari. Ada berbagai sepatu yang memiliki tujuan berbeda, seperti : sepatu untuk basket, sepatu untuk main sepak bola, ataupun sepatu lari. Kesalahan ini justru akan menimbulakan resiko cedera yang bisa saja terjadi pada pergelangan kaki, lutut, punggung ataupun pinggul. Jangan terlalu meremehkan Kesalahan Saat Olahraga Lari Yang Menyebabkan Cedera seperti yang kami tulis diatas agar anda mendapat manfaat yang maksimal dari berlari!!

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahcacingan.wordpress.com untuk update informasi menarik seputar kesehatan.

 Kesalahan Saat Olahraga Lari Yang Menyebabkan Cedera

Posted in kesehatan, penyakit

Kenali Penyakit PES Sejak Dini

Kenali Penyakit PES Sejak Dini

Penyakit ada di sekitar kita , tak terkecuali dengan penyakit PES, dan tikuslah yang di tuding sebagai penyebab dari penyakit ini. Lalu apakah penyakit PES dapat menular ? untuk itu ayo kenali penyakit PES sejak dini !!

Selamat datang kembali di website resmi Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami juga siap melayani dengan sistem “Kirim Barang Dahulu, Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran

Pada postingan kali ini kami akan mengutif sebuah pembahasan mengenai penyakit yang masih asing untuk sebagian orang, yaitu penyakit PES. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut ini.

PES

pes-alodokter

Kenali penyaki pes sejak dini – Penyakit pes adalah penyakit infeksi pada manusia dan hewan yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis. Pes disebut juga penyakit sampar, plague, atau black death. Penyakit ini ditularkan dari hewan pengerat (terutama tikus) melalui perantara kutu (flea). Kutu perantara yang paling sering adalah jenis Xenopsylla cheopsis. Penyakit ini di Indonesia termasuk salah satu penyakit menular dalam Undang-Undang Wabah yang harus dilaporkan kepada Dinas Kesehatan dalam waktu 24 jam pertama sejak diketahui. Pes disebut sebagai black death karena salah satu gejala penyakit ini adalah kehitaman pada ujung-ujung jari dan tingkat kematiannya yang tinggi.

Ada tiga jenis pes berdasarkan pada bagian mana dari tubuh yang terlibat, yaitu

  • Bubonic plague yang menimbulkan gejala pembesaran kelenjar getah bening. Pes jenis ini adalah yang paling umum ditemui.
  • Pneumonic plague disebabkan oleh infeksi bakteri yang telah menyebar hingga paru-paru. Tipe ini paling jarang namun paling mematikan.
  • Septicemic plague dimana bakteri berkembangbiak dalam darah penderita.

Penyakit ini menyebar dengan mudah di area yang padat, memiliki sistem sanitasi buruk, serta area yang memiliki populasi hewan pengerat yang cukup tinggi, khususnya tikus, misalnya pedesaan dan semi pedesaan di Asia. Jumlah manusia yang pernah terinfeksi dengan jumlah terbesar adalah di Afrika. Di Indonesia sendiri hingga tahun 2010 terdapat 5 kabupaten yang menjadi wilayah fokus Pes, yaitu Kabupaten Pasuruan (Jatim), Sleman (DI Yogyakarta), Boyolali (Jateng), serta Bandung dan Cirebon (Jabar).

*Penyebab Pes

Pes dapat ditemui di seluruh dunia, terutama di benua Afrika. Sebagian besar penderita pes merupakan penduduk desa, lebih banyak ditemui pada laki – laki, dan dapat terjadi pada semua umur. Pes disebabkan oleh infeksi bakteri Yersinia pestis.

Bakteri ini pada awalnya menginfeksi kutu. Ketika kutu menggigit tikus, maka tikus tersebut akan terinfeksi bakteri pes. Dengan demikian, jika kutu lain menggigit tikus sakit tersebut, maka kutu tersebut juga akan terinfeksi. Jika kutu – kutu ini menggigit manusia, maka bakteri dalam tubuh kutu akan masuk ke dalam tubuh manusia, mengikuti aliran getah bening dan menyebar melalui sirkulasi darah. Di kelenjar getah bening, bakteri ini menimbulkan reaksi radang berupa bengkak, kemerahan dan nanah. Bakteri ini kemudian menyebar melalaui aliran darah ke organ-organ lain seperti limpa, paru-paru, hati, ginjal dan otak. Ketika sampai paru-paru, bakteri ini dapat menyebabkan radang (pneumonia) dan dapat menularkan penyakit kepada orang lain melalui batuk atau bersin. Bakteri yang dibatukkan dapat bertahan di udara dan dapat terhirup oleh orang lain. Pes tidak hanya dapat menginfeksi tikus, namun juga bisa menginfeksi kucing, anjing, dan tupai.

Selain melalui gigitan kutu, pes dapat menular dengan berbagai cara lain, yaitu:

  • Kontak titik-titik air liur (droplet) di udara: berupa batuk atau bersin dari penderita pes dengan radang paru.
  • Kontak langsung: berupa sentuhan kulit yang terluka terhadap nanah/luka penderita pes, termasuk kontak seksual.
  • Kontak tidak langsung: sentuhan terhadap tanah atau permukaan yang terkontaminasi bakteri.
  • Udara: hirupan udara yang mengandung bakteri Y. pestis karena bakteri ini dapat bertahan di udara cukup lama.
  • Makanan atau minuman yang tercemar bakteri.

*Gejala Pes

cara-mengobati-penyakit-pesGejala pes atau sampar (plague) biasa muncul 2-6 hari setelah seseorang terinfeksi. Gejala penyakit ini menyerupai gejala yang disebabkan oleh flu, namun gejala lain juga dapat menyertai ketiga jenis pes yang telah disebutkan di atas. Gejala-gejala yang membedakan ketiga pes, antara lain:

  • Bubonic plague

Gejala bubonic plague muncul satu minggu setelah pasien digigit oleh kutu yang terinfeksi. Gejala berupa pembengkakan atau rasa sakit pada kelenjar getah bening (buboes), pusing, nyeri otot, demam, gemetar, dan lemas. Pembengkakan ini biasanya muncul di leher, ketiak, pangkal paha, dan dan di sekitar area gigitan atau cakaran hewan. Bengkak dapat berukuran sebesar telur ayam dan nyeri serta hangat ketika disentuh.

  • Pneumonic plague

Gejala berupa batuk mengeluarkan dahak/air liur/nanah dari paru-paru, sakit dada, sesak napas, dan lemas. Wabah yang berkembang dengan sangat cepat ini dapat menyebabkan gagal napas dan syok bagi penderitanya hanya dalam periode dua hari masa infeksi sehingga harus sesegera mungkin ditangani.

  • Septicemic plague

Gejala berupa demam, lemas, gemetar, mual, muntah, sakit di area perut, diare, syok, hingga terjadi pendarahan yang keluar dari mulut, hidung, anus, atau di balik kulit. Gejala lainnya adalah warna kulit yang menghitam akibat kematian jaringan atau gangrene.

*Pengobatan Pes

Pes atau sampar (black plague) ditangani menggunakan antibiotik, misalnya gentacimin dan ciprofloxacin. Bila tidak segera diobati, bubonic plague bisa berkembang ke jenis lain yang lebih parah.

Selain antibiotik, biasanya pasien septicemic plague dan pneumonic plague membutuhkan cairan infus, oksigen, dan terkadang juga membutuhkan alat bantu pernapasan. Kemungkinan isolasi bisa diterapkan pada pasien yang mengidap pneumonic plague untuk mencegah penyebaran terjadi. Tenaga medis, perawat, dan siapa saja yang berhubungan dengan penderita pneumonic plague dapat dimonitor kesehatannya, serta diberikan antibiotik sebagai tindakan pencegahan.

*Pencegahan Pes

Mengawasi dan mengendalikan populasi hewan pengerat di sekitar rumah maupun lingkungan tempat tinggal merupakan langkah penting dalam mencegah berkembangnya bakteri penyebab pes. Mulailah dengan menghindari memiliki tumpukan benda-benda rongsokan, makanan hewan, atau kotoran yang dapat menarik perhatian tikus, seperti sikat, kayu, atau batu di sekitar rumah, kantor, bahkan pada area umum. Gunakan sarung tangan saat sedang berhadapan dengan hewan yang kemungkinan telah terinfeksi wabah agar kulit terhindar dari kontak bakteri.

Jika memiliki hewan piaraan, jangan lupa untuk selalu memonitor kondisi mereka setelah berkeliaran bebas di luar rumah, terutama jika tinggal di area yang memiliki kasus pes. Jangan lupa untuk memastikan hewan piaraan dan keluarga telah menggunakan produk antiserangga atau kutu, khususnya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Cegah hewan piaraan untuk tidur di kasur tidur atau sofa ruang tamu untuk mencegah penyebaran kutu pes. Segera temui dokter hewan jika hewan piaraan secara tiba-tiba mengalami sakit.

Itulah informasi mengenai penyakit Pes. Semoga dengan mengenal penyakit pes sejak dini, membuat pengetahuan anda jadi bertambah dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh tikus itu.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmencegahcacingan.wordpress.com untuk mengetahui informasi seputar kesehatan lainnya.

Baca Juga : Tips mengatasi sakit leher akibat salah bantal

KENALI PENYAKIT PES SEJAK DINI